Selasa, September 15, 2009

Cara Mendaftar Rekening / Account Paypal dan Cara Verifikasi Paypal

Sebagaimana janji saya sebelumnya, bahwa saya akan membahas tentang bagaimana cara mendaftar di Paypal.com. Bagi yang belum tahu apa itu paypal, saya sedikit jelaskan di sini.

Paypal adalah mata uang online/alat pembayaran di dunia online (payment processors) yang sudah banyak dipakai oleh para pelaku bisnis online dan sudah terjamin keamanannya. Jadi, ketika Anda terlibat/join pada salah satu atau beberapa bisnis online, salah satu rekening yang bisa digunakan untuk mencairkan bonus/komisi Anda adalah dengan menggunakan rekening Paypal. Sebagai contoh yang sudah pernah dibahas adalah komisi Dollar dari Domain Gratis Co.Cc dan Flashdisk Online Ziddu.com. Mereka biasanya memberi pilihan pembayaran, salah satunya adalah melalui Paypal.

Berikut langkah-langkah mendaftar di Paypal.com:

1. Kunjungi situs resmi Paypal di www.paypal.com. Jika dalam Bahasa Inggris dan Anda ingin menggunakan Bahasa Indonesia, silahkan klik kolom bahasa dan pilih Bahasa Indonesia. Atau Anda bisa langusng buka di https://www.paypal.com/id.
Jangan sampai salah alamat. Sebab, bisa jadi Anda malah harus mengikuti bisnis paypal yang membayar lebih mahal dari seharusnya.




2.Pilih SignUp atau Daftar pada Daftar Tools yang ada di pojok kanan atas (dekat login). Lihat bagian yang dilingkari tanda merah pada gambar di atas.

3. Pilih Negara dan Bahasa. Jika Anda sebagai orang Indonesia, silahkan Pilih Indonesia. Kalau bahasa, terserah kamu saja. Agar mudah, Pilih saja Bahasa Indonesia. Untuk Jenisnya, pilih saja dahulu Personal/Pribadi. Jika suatu saat Anda butuh lebih dalam bertransaksi, bisa di-upgrade ke jenis lainnya. Lalu tekan Memulai atau Continue. (lihat gambar di bawah)


4. Masukkan Informasi Anda sesuai dengan data sesungguhnya seperti data Kartu Kredit Anda pada formulir yang tersedia (Jika belum memiliki Kartu Kredit, nanti ada pembahasan khusus, Anda ikuti saja dulu langkah-langkah yang saya ajarkan).

Di sini Anda wajib memiliki Email. Karena, email inilah sebagai No. Rekening Anda di paypal. Email Anda harus aktif, karena ini sebagai alat konfirmasi dari Paypal kepada Anda.

Pada Kolom Password, harus diisi dengan minimal 8 karakter, boleh angka, huruf, atau kombinasi keduanya. Password boleh sama dengan password email, boleh juga berbeda.

Jika Nama Anda hanya satu kata, bisa disiasati dengan mengisi Nama Depan dan Nama Belakang dengan Nama Anda sendiri yang sama. Jika terdiri dari 2 kata, maka kosongkan Nama Tengah. Jika ada 3/lebih, nama ketiga dan selebihnya diisikan pada kolom Nama Belakang.

Pada Tanggal Lahir, gunakan format MM-DD-YYYY (Bulan-Tgl-Tahun). Misalnya: 04-04-1984.

Kebangsaan: Pilih Indonesia

Baris Alamat 1: Diisi Nama Jalan atau Dusun/Kampung Tempat Tinggal Anda.

Baris Alamat 2: Diisi Kecamatan

Kota: Isi Kota/Kabupaten Tempat Tinggal Anda, Misal: Bandung

Negara Bagian / Provinsi / Wilayah: Diisi provinsi tempat tinggal Anda. Misal: Jawa Barat


Nomor Telepon: Isi dengan format Indonesia:0227301234, atau 022-7301234, atau 62-22-7301234. Jika HP, isi saja dengan 081802345678.



Setelah semua data terisi, Baca persetujuan, centang tanda yang harus dicentang sebagai bukti menyetujui (jika masih ada), lalu silahkan klik tombol persetujuan warna kuning di bagian bawahnya (Lihat contoh pada gambar di bawah ini).


5. Pada halaman berikutnya, ada instruksi memasukkan nomor Kartu Kredit Anda. Jika Anda belum memiliki Kartu Kredit, atau Anda belum mau bertransaksi menggunakan kartu kredit, Klik Masuk Ke Rekening saya. Anda bisa melakukannya kembali setelah login melalui account Anda. (Catatan: Penggunaan Kartu Kredit dikenakan biaya dengan Dollar, sebesar $1.95, yang akan ada pada penagihan kartu kredit Anda. Tapi uang tersebut dikembalikan lagi ke Rekening Paypal Anda sebagai Saldo Awal.
Selanjutnya Anda akan masuk ke halaman Rekening Anda:


6. Pada email yang Anda daftarkan, akan ada kiriman email dari Paypal.com sebagai konfirmasi bahwa Anda benar-benar yang mendaftarkan email Anda sendiri. Segera cek email Anda lalu klik link yang ada dan login dengan account/alamat email Anda dan Password yang telah Anda buat.

Setelah diklik dari email Anda, maka Account Paypal Anda telah aktif dan muncul halaman seperti di bawah ini. Klik Lanjutkan untuk masuk ke rekening Paypal Anda.

Lalu Anda akan diminta memasukkan Nomor Kartu Kredit Anda. Jika belum punya, klik Masuk ke Rekening Saya (klik pada yang dilingkari merah)



7. Jika Anda sudah memiliki kartu kredit, masukkan nomor kartu kredit Anda dan nomor lainnya. Jika data kartu kredit Anda sudah dimasukkan, maka akan ada bacaan Expanded Option ketika setelah login ke halaman My Accounts / Rekening . Klik Get Number ketika Anda sudah mendapatkan 4 digit Kode Keamanan yang akan muncul pada tagihan Kartu Kredit Anda. Ini diperlukan untuk mencocokkan bahwa Kartu Kredit tersebut betul-betul milik Anda. Jika Anda tidak ingin terlalu lama menunggu 4 Digit kode keamanan yang akan ada di billing/tagihan kartu kredit Anda, Anda bisa menanyakannya langsung ke Bank penyedia kartu kredit tersebut, pada hari esoknya atau 2 hari kemudian, agar sudah tercatat. Atau Anda tunggu sampai datangnya billing/tagihan seperti bulan-bulan sebelumnya.

Langkah selanjutnya setelah Anda mendapatkan 4 digit Kode Keamanan adalah Anda login kembali ke paypal dengan alamat email dan password yang Anda buat, lalu lakukan verifikasi Account / Rekening Paypal Anda, dengan masuk ke My Accounts / Rekening Saya, lalu klik bagian Activate Account - Complete Expanded Use Enrollment, kemudian masukkan 4 digit Kode Keamanan tersebut. Setelah itu Account Anda akan otomatis menjadi Verified Member.

Nah, selesai dech pembuatan Paypal nya.

Yang sedikit jadi hambatan, tidak semua orang memiliki Kartu Kredit. Bagaimana cara mensiasatinya?

Nah, agar pembahasannya tuntas, saya bagi juga cara mendapatkan Status ter-verifikasi tanpa kartu kredit. Tapi jika mempunyai kartu kredit itu lebih baik.

Orang Indonesia sesungguhnya pada pinter, sehingga masalah rumit apapun ada solusinya. Termasuk dalam menangani permasalahan ini.

Untuk mengatasi masalah ini, saya ada solusi bagi Anda. Anda bisa verifikasi Paypal Anda tanpa harus memiliki Kartu Kredit, hanya Anda perlu sedikit mengeluarkan modal. Saya pikir, alternatif yang akan saya tawarkan ini, lebih aman dibanding Anda memiliki kartu kredit, tetapi tidak bisa mengontrolnya. Tapi untungnya kalau memiliki kartu kredit, kita bisa berbelanja secara online juga melalui paypal. Baiklah, jadi terlupakan. Untuk Info Lengkap Verifikasi Paypal tanpa pakai kredit, silahkan Anda baca dan pelajari di sini:



Sekian pembahasan ini, mudah-mudahan bermanfaat. Ditunggu masukan dan komentar mendukung agar posting ini lebih baik lagi.

Salam YAKIN SUKSES !!!

NB:
Jika sahabat semua menyukai posting saya ini, atau Anda anggap penting untuk diketahui sahabat yang lain, sahabat bisa berbagi/share ke teman di FACEBOOK. Cukup dengan meng-KLIK link ini!
Terimakasih.

28 komentar:

  1. Info yang berharga mas, terima sudah sharing.

    BalasHapus
  2. Nice info, mas Andri...
    Oke, saya setuju tawaran mas Andri. Saya tunggu follow up selanjutnya.

    BalasHapus
  3. Terima kasih infonya mas,saya memang sdng mencari cara verifikasi paypal saya,untuk bikin akun paypal saya sdh bisa.Salam sukses!

    BalasHapus
  4. Sekarang Verifikasi Paypal sudah bisa melalui Kartu ATM Bank Lokal, Misal BCA, Mandiri, dll.

    Semoga Sukses !!!

    BalasHapus
  5. yah, mulai dari belajar bikn akun'ya. lama-lama belajar ngisi akunnya. hhe...

    BalasHapus
  6. Aamiin... Semoga isi paypalnya semakin banyak saja...

    BalasHapus
  7. setelah Membaca Info dan Artikel,saya cepat bisa,salam sejahtera

    BalasHapus
  8. Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

    BalasHapus
  9. Saya cari dibeberapa website dan dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.

    BalasHapus
  10. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    BalasHapus
  11. Terimaksih Untuk info yang bermanfaat, boleh dicoba Tipsya. sukses selalu

    BalasHapus
  12. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
  13. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    BalasHapus
  14. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    BalasHapus
  15. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  16. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  17. Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  18. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    BalasHapus
  19. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  20. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

    BalasHapus
  21. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  22. Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    BalasHapus
  23. terima kasih infonya, menarik sekali

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Sampaikan sedikit pesan/saran Anda, walaupun hanya sepatah dua patah kata bermakna. Jika ingin bertanya yang lebih jauh dan dianggap secret/rahasia, silahkan hubungi saya via email di link kontak: http://wiyasa.com/kontak

Terimakasih.

Salam YAKIN SUKSES !!!