Jumat, Januari 08, 2010

Cara Mengganti/Setting Alamat Blog dari Blogspot.com ke Domain Sendiri


Awal Januari 2010, saya berpindah domain blog (baru domainnya saja, karena ada beberapa pertimbangan). Salah satu tujuannya adalah agar bisa membuat pencitraan diri di dunia online dengan domain sendiri, dan juga untuk kemudahan komunikasi antar sesama blogger. Selain itu, tentu saja untuk kepentingan bisnis online yang sedang ditekuni selama ini.

Pada posting kali ini, saya ingin berbagi cara mengganti nama blog kita di blogspot, yang asalnya : www.NamaAnda.blogspot.com, menjadi www.NamaAnda.com. Posting ini pun sekaligus menjawab pertanyaan dari saudara Chan tentang cara setting domain dot com dari blogspot.

Berikut secara singkat langkah-langkah men-setting/merubah alamat blog dari blogspot.com ke domain sendiri:

  1. Anda harus sudah memiliki nama domain yang akan dijadikan pengganti nama blog Anda, Misal: NamaAnda.com atau NamaAnda.net, NamaBisnisAnda.info, dan sebagainya. Jika Anda belum memiliki, salah satu penyedia penjualan domain dan hosting yang sudah terkenal dan menjadi mitra kami adalah adalah DOMOSQUARE. Anda bisa pesan telebih dahulu di sana, tutorialnya bisa dibaca di sini: https://wiyasa.com/hosting/.
  2. Kalau hanya domain yang diganti, Anda hanya perlu membeli domain saja. Sebelumnya cek terlebih dahulu, apakah domain yang akan Anda gunakan sudah ada yang memiliki atau belum. Anda pun bisa mengeceknya langsung di DOMOSQUARE
  3. Setelah pemesanan domain selesai, sekarang kita beranjak ke pengaturan/setting di bloggernya. Silahkan Anda login terlebig dahulu ke blogger dengan akun Anda, dimana blog yang akan Anda setting ada di sana. 
  4. Pilih menu setting atau pengaturan, lalu masuk ke menu Publishing atau Publikasikan
  5. Setelah muncul halaman Publishing, Anda klik: Switch to : Custom Domain, atau: Berpindah ke: Domain Ubahsuaian
  6. Masukkan alamat Domain Baru Anda, pada kolom: Alamat Blog*Spot, Misal: www.wiyasa.com (jangan lupa menyertakan kata "www."), lalu masukkan kode verifikasi yang ada.
  7. Jika semua sudah selesai, Anda tinggal klik Save Setting.

Selesai dech. Mudah-mudahan tutorial ini bermanfaat. Berbagi aza, sekalian daripada saya menghapal, lebih baik saya tulis di blog saya. 
Sekian dari saya.

Salam YAKIN SUKSES !!!

21 komentar:

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Mau pindah ke domain sendiri tapi masih pikir-pikir dulu, ah.

    BalasHapus
  2. @Alamendah: Ya, gimana baiknya aza, Mas. Tapi kalo pikir2 terus, kapan mulainya... Hehe...

    @ Laston: Murah, Mas, coba aza langsung order di http://wiyasa.com, test aza, jadi berapa. Klo sudah cocok, baru dilakukan pembayaran.

    BalasHapus
  3. Wah sangat bermanfaat mas Andri ... tidak perlu hosting ya?! btw. skin blognya sama dengan saya .... :-) ... sama2x sukses mas ... oiya mengganti dan buat link home-bisnis tuyul-bisnis gratis-pasang iklan gimana caranya mas??? terima kasih

    BalasHapus
  4. Ditunggu aza, Mas Agus. Mas teten, jawabannya dah dijawab di blog Mas. Thx.

    BalasHapus
  5. Nice Posting Bos'



    Sallam Kenal'
    Rafi

    BalasHapus
  6. Klo hanya domain saja dan masih pake blogger, tanpa hosting Mas Dafid.

    BalasHapus
  7. Wah, terima kasih nih cara dan tipsnya, boleh di coba, saya ada blog di blogger.

    BalasHapus
  8. Menarik juga, punyaku juga masih blogspot, wah perlu belajar juga.

    BalasHapus
  9. wahhh.. nice info. tapi juga ada kerugiannya loch mas, kalau ganti domain berarti blog kita seperti terlahir kembali. (PR=0 dan AR=berjuta-juta)

    BalasHapus
  10. Sudah bisa Mas Andri. Terima kasih atas sarannya. Memang harus menunggu dulu ya. Maaf baru memberi kabar sekarang. Semoga tambah jaya Mas Andri. Sukses selalu ya! :)

    BalasHapus
  11. waaaah, masih pengen ngakuin blogger dulu deh...
    tapi makasih infonya

    semua budaya indonesia disini

    BalasHapus
  12. kpn2 dicoba ah.. tp sekarang mah masih nyaman yg gratis aja xixixi...

    BalasHapus
  13. salam kenal

    post-nya bagus jg . . . .Baca artikelku jg yah . . .plus kasih koment

    BalasHapus
  14. kelebihan dikasih domain apa sih???masih newbie nih...salam kenal

    BalasHapus
  15. @ Saatnyasantai: Kelebihannya, pertama, lebih keren, keduanya memiliki nilai jual tersendiri, bisa sebagai trade mark qta...

    Dan masih banyak lagi yg lainnya...

    BalasHapus

Sampaikan sedikit pesan/saran Anda, walaupun hanya sepatah dua patah kata bermakna. Jika ingin bertanya yang lebih jauh dan dianggap secret/rahasia, silahkan hubungi saya via email di link kontak: http://wiyasa.com/kontak

Terimakasih.

Salam YAKIN SUKSES !!!