Kamis, November 05, 2009

Cara Menyingkat/memperpendek Alamat URL / Link Download, Link Affiliasi, Posting, dll, Dengan TinyURL.com dan SnipURL.com

NB. Jika pakai domain sendiri, bisa cek di sini caranya:
http://www.andriwiyasa.com/2010/05/cara-merubah-url-id-apapun-id-facebook.html

Sering kali kita memiliki alamat link yang sangat panjang yang ingin kita bagi/share dengan teman/sahabat lain. Hal ini sedikit menghambat kerja kita ketika link yang kita berikan ternyata terpotong, tidak ter-copy semuanya, dikarenakan terlalu panjangnya link tersebut. Atau kita akan mengirim alamat download, atau mau mempromosikan bisnis internet kita, atau apapun, yang memiliki alamat link yang sangat panjang melalui pesan singkat, misalnya melalui sms. Hal ini saya alami sendiri, ketika saya meminta software kepada teman saya dan software tersebut disimpan pada salah satu web penyimpan file, sejenis ziddu, atau saya menyebutnya: Flashdisk Online, beliau memberi link yang sangat panjang via SMS, dan membuat saya agak repot dan kesulitan mengetiknya pada internet browser.

Termasuk juga mungkin bagi Anda, atau saya sendiri, jika melakukan hal yang sama, yaitu ingin berbagi link dengan sahabat lain, misal link grup/komunitas di Facebook atau yang lainnya, jika tidak disingkat, akan sangat sulit mengetiknya, khususnya jika akan dikirim via SMS. Dari kejadian itu, saya berpikir, kayaknya harus berbagi nich, pada sobat-sobat blogger ataupun pengunjung lainnya tentang cara menyingkat/memotong alamat link yang panjang menjadi lebih pendek (short link). Makanya, muncullah ide posting ini.

Anda masih bingung? Tidak perlu bingung. Maksud dari posting saya ini, adalah agar kita bisa membuat sebuah short link/link penyingkat dari sebuah link yang panjang. Dengan short link ini pula, kita bisa menggunakannya sebagai penyingkat link affiliasi bisnis kita, agar calon konsumen tidak lari ke reseller/produsen lain, atau hanya mengetik link Utama/Induknya saja. Lalu, apa bedanya dengan Domain Gratis dari Co.Cc? Ada kesamaan, dan ada bedanya, hanya bedanya dengan penyedia short link yang akan saya bahas sekarang ini, dimana di web penyedia short link ini, yaitu: tinyURL.com, kita tidak mesti registrasi ini itu. Cukup datang ke web tersebut dan kita siap menyingkatnya.

Ada beberapa web penyedia layanan short link ini. Hanya saja, di sini saya akan mencoba menjelaskan salah satunya saja. Mungkin sudah pernah dibahas di blog lain juga, baik yang akan saya bahas ataupun web penyedia short link yang lainnya.

Bagi yang belum mengetahui, berikut langkah-langkah menyingkat alamat URL/link yang panjang melalui TinyURL.com:

1. Copy link yang akan disingkat (blok, lalu copy / Ctrl + C), misalkan link posting kita, contoh posting saya tentang memainkan musik di facebook: http://andriwiyasa.blogspot.com/2009/09/mendengarkan-musik-sambil-facebook.html, atau link affiliasi kita, misal: www.bisnistuyul.com/?id=tuyul-online (Copy seluruhnya, jangan sampai ada yang tertinggal satu huruf pun)

2. Masuk ke web www.tinyURL.com, tunggu sampai muncul halaman secara menyeluruh / full page.

Berikutnya, pada kotak "Enter a long URL to make tiny:", masukkan link yang akan kita singkat tadi (Paste / Ctrl + P). Sedangkan pada "Custom Alias (optional)", Anda masukkan nama yang dikehendaki agar mudah diingat, misal: Tuyul-Online, tuyulku, atau apa saja, yang jelas, jangan panjang-panjang, kan rencananya juga menyingkat. Jika tidak diisi, maka akan dibuatkan secara acak oleh Mr. TinyURL sendiri. (Lihat Gambar)


3. Setelah Anda yakin bahwa alamat link yang akan Anda singkat telah benar, dan alamat baru yang dikehendaki telah Anda buat agar mudah diingat (pada gambar, Custom Alias diisi: tuyulku), maka langkah selanjutnya adalah Anda klik tombol "Make TinyURL !". Jika berhasil, Anda akan langsung mendapat halaman keterangan bahwa berhasil (lihat gambar di bawah). Namun, jika "Custom Alias" nya telah dimiliki oleh orang lain, Anda akan dibuatkan Nama acak sebagaai alternatif, atau Anda bisa mencari nama lain. Terserah pada Anda, apakah akan mencari nama baru yang mudah dihapal, atau mengikuti pemberian Mr. Tiny tersebut.


4. Jika sudah muncul halaman seperti gambar di atas ( No.3), maka Alamat singkat/short URL yang Anda inginkan sudah selesai. Anda bisa menggunakannya untuk kelancaran bisnis Anda, khususnya bisnis affiliasi, atau agar tidak menyulitkan dalam berbagi link, baik alamat download ataupun yang lainnya.

Mudah kan? Sebagai perbandingan saja, misalnya saya memberikan pilihan, mana yang akan Anda lebih mudah menghapal/mengetiknya?

a. Mengetik: www.andriwiyasa.blogspot.com/2009/09/mendengarkan-musik-sambil-facebook.html

b. Atau mengetik ini: www.tinyurl.com/andriganteng
(Maaf, agak narsis dikit, hanya contoh saja)

Kalo saya akan memilih yang b, karena lebih mudah dihapal dan ditulis daripada yang a. Jika dibuka, hasilnya sama saja (buktikan sendiri).


>>> Menyingkat ULR dengan SnipURL.com <<<

Selain bisa menggunakan jasa TinyURL.com, kita pun bisa memanfaatkan jasa temannya Mbak TinyURL (hehe..., maaf), yaitu Mas SnipURL (http://snipURL.com).

Mungkin Anda pernah melihat, khususnya dalam sebuah iklan, atau Anda diberi alamat download/link seperti ini:


Nah, ini juga hampir sama seperti TinyURL, yaitu kita menyingkat Alamat URL/link yang panjang menjadi lebih pendek. Caranya pun sangat mudah, Anda bisa mencoba langkah-langkah berikut:

1. Anda masuk/buka alamat ini:

2. Anda masukkan URL/link yang panjang di kolom: Long URL (sebelah kiri), bisa diketik, atau Anda copy, lalu paste di sana. Misalnya alamat link affiliasi Bisnis Tuyul, maka masukkan: http://bisnistuyul.com/?id=tuyul-online.


3. Jika Anda tidak mau ribet/repot mengatur, karena hanya link sederhana dan tidak terlalu penting (bukan link affiliasi dan sejenisnya yang harus dihapal), maka Anda tinggal klik "Snip It!" yang ada di bawal kotak pengisian Long URL. Namun jika Anda rasa penting untuk menghapal link tersebut, isilah kolom option yang ada di sebelah kiri Long URL. Di sana Anda bisa memberikan nama short link nya sesuai keinginan Anda.


Short link dari TinyURL dan SnipURL bersifat permanen, jadi Anda jangan takut link Anda akan hilang, kecuali Miss. Tiny dan Mr. Snip-nya wafat (webnya hancur/bangkrut/ada kejadian lain, red.).

Bagaimana? Bisa dimengerti penjelasan dari saya? Jika kurang jelas, atau ada masukan, kritik, saran, info short link lainnya, atau apapun, boleh ditulis melalui komentar. Jangan lupa tinggalkan alamat link/email/blog yang bisa dikunjungi untuk memberi tanggapan.

Saya tunggu komentarnya.

Take And Give !!!

Andri Wiyasa
-------------
Mbah Kuncen - BisnisTuyul.com


Salam YAKIN SUKSES !!!

NB:
Jika sahabat semua menyukai posting saya ini, atau Anda anggap penting untuk diketahui sahabat yang lain, sahabat bisa berbagi/share ke teman di FACEBOOK. Cukup dengan meng-KLIK link ini!
Terimakasih.


15 komentar:

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Padahala kadang kla enakkan yang puaannnnnjaaaaaaanng. Lebih manteb, katanya.

    BalasHapus
  2. wah,..ternyata bisnis tuyul tu punyanya mas andri wiyasa y mas,,
    hehehe...ide bagus,,,
    saking banyaknya link afiliasi memang kadang bikin stress apalagi kalo panjang - panjang, fiuuh...

    BalasHapus
  3. benar, sangat membantu saya juga sangat susah menghafal link affiliate, sudah panjang aneh pula. tapi kalo disembunyikan kan akan membuat orang penasaran

    BalasHapus
  4. Artikel informasi yg sangat bagus sekali. Saya jadi pengen mempraktekkannya langsung. Ini sangat bermanfaat buat saya yg masih baru di dunia blogging dan internet bisnis. Luar biasa mas. Btw, terimakasih ya dah mau mampir ke blog saya, saya merasa sangat beruntung bisa berkenalan dengan seorang blogger profesional seperti AW ini. Minta saran2nya utk memaksimalkan blog gratis dari blogger, biar kelihatan sedikit menarik lah. Mungkin dari template dan susunan halaman di dalamnya mas. Saya tunggu postingan dan ide kreatif berikutnya ya.
    Sukses mas.

    BalasHapus
  5. salam super,,,
    wah artikelnya sangat informatif mas,,
    memang terkadang url yang terlalu panjang bisa membosankan dan tidak mudah di ingat !!

    BalasHapus
  6. Terima Kasih atas informasinya... BAru tau dari sini neh saya ^_^
    simple juga buat menyingkat Url affiliate :)
    dariada pake co.cc ribet buat email dan lain2 :D

    BalasHapus
  7. samoga aku jadi tambah semangat untuk ngelola blog say,, gara2 membaca artikel di blog ini... sukses selalu... thanks banget info2..nya. di tunggu info terbarunya,,,

    BalasHapus
  8. Saya kok ga berhasil ya mas bikin tiny ulnya

    BalasHapus
  9. Tipsnya bagus mas. Biasanya URL link affiliasi bukan hanya panjang tapi juga sukar diingat. Dengan disingkat pasti lebih mudah diingat dan so...orang lebih mudah menulis di browser dibandingkan URL awal yang panjang dan susah diingat.
    Salam kenal dan sukses selalu.

    BalasHapus
  10. Terima kasih untuk tipsnya yang sangat bermanfaat. Kalau ada waktu silahkan mampir juga ke situs saya ya. Mungkin bisa membantu anda para pemula yang ingin mempunyai mesin uang otomatis tanpa perlu membuat website, ebook dan tanpa sewa domain dan hosting. Terima kasih tipsnya.

    Salam Kenal
    Saryulis Herman
    www.SistemOtomatis.com

    BalasHapus
  11. hallo mas andrie,, maaf mau bertaynya ya,,,, kalau kita menggunakan url shortener seperti conoth di atas, maka hasilnya masih saja nampak link affiliasi kita. lantas gmana dong agar lebih baik dari itu? ada gak cara lain mas, tolong masukannya dong? trims sbelumnya dan ditunggu jawabannya?

    BalasHapus
  12. thenx atas info nya broo.
    semoga bermanfaat.

    BalasHapus

Sampaikan sedikit pesan/saran Anda, walaupun hanya sepatah dua patah kata bermakna. Jika ingin bertanya yang lebih jauh dan dianggap secret/rahasia, silahkan hubungi saya via email di link kontak: http://wiyasa.com/kontak

Terimakasih.

Salam YAKIN SUKSES !!!