Senin, Oktober 05, 2009

Mengatasi Masalah Bahasa Pada Blog Anda :: Memasang Widget Google Translate di Blog



Sahabat Netter...

Kali ini saya akan memcoba berbagi tentang cara memasang Widget Google Translate. Mengapa hal ini saya lakukan? Karena dari statistik pengunjung blog saya ini, selain dari Indonesia, banyak juga pengunjung dari negara lain, seperti Amerika, Inggris, dan negara lainnya.

Karena hal itulah, saya sendiri memasang Google Translate di blog saya, sehingga para pengunjung tidak disulitkan lagi dengan masalah bahasa. Walaupun hasil translate/terjemahan dari google tidak sebagus bahasa aslinya, namun hal ini sangat membantu. Para pengunjung tidak perlu meng-copy paste isi blog kita ke Google Translate di Google atau ke Software Penerjemah, seperti Transtool, misalnya.

Nah, bagi Anda yang memiliki blog namun masih menggunakan bahasa lokal (Bahasa Negara Anda), bisa memanfaatkan fasilitas ini, apalagi jika blog Anda cukup banyak dikunjungi oleh pengunjung dari luar negara Anda.

Berikut ini langkah-langkah memasang Widget Google Translate di blog Anda :
(Khusus para blogger dari Blogger.com. Pengguna lain bisa ikuti instruksi masing-masing)

1. Login ke akun blog Anda, misal ke Blogger.com

2. Klik Dasbor (jika masuk ke bagian lain), lalu klik Tata Letak.

3. Klik Tambah Gadget, lalu pilih: HTML/JavaScript

4. Masuk ke Web Google Translate untuk mendapatkan Kode HTML-nya. Klik di sini: http://translate.google.com/translate_tools?hl=en

5. Pilih Bahasa Blog Anda (Nomor 1), Tandai "All Language" jika ingin semua bahasa bisa menerjemahkan isi blog Anda, atau tandai "Specific languages" jika hanya ingin beberapa bahasa saja yang diijinkan menerjemahkan isi blog Anda.

6. Copy semua kode html yang ada, lalu paste di blog Anda. Jika kurang jelas tentang cara memasang kode html, bisa dibaca di sini.

Selamat mencoba, semoga berhasil.

Tips: Widget Google Translate baiknya disimpan di paling atas blog Anda. Bisa juga di atas posting blog Anda. Atau terserah Anda dech...

Ada info tambahan? Ditunggu di komentar Anda.

Salam YAKIN SUKSES !!!

3 komentar:

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Kebetulan saya sudah pasang widget ini. Tapi kalau buat wordpress keknya gak semudah itu karena gak bisa dipasangi javascript.

    Terima kasih link saya sudah dipasang. Untuk link backnya ditunggu satu dua hari ini, ya?. Sabar, Bro Insa Allah tak pasang, kok.

    BalasHapus
  2. info yang sangat berguna sekali bagiku...
    makasih atas ilmunya..InsyaAllah langsung di coba...moga-moga berhasil...
    sukses U4

    BalasHapus
  3. bagaimana kalau dengan Dago Translate, bisa translate dalam 4 bahasa sekaligus (ada 51 pilihan bahasa), bisa jadi website translator (ketiknya bisa dengan http:// atau tanpa http://). dago website translator ada bahasa : english, french, german, chinese, japanese, korean (vice versa). bisa bersuara pulak, hasil translatenya di copy paste ke bagian dago phonetically reader, trus klik speak button. bersuara deh, mantap? alamatnya ada di dago search (http://dagosearch.com) , ada link di bagian translate. di "more" section juga ada dago translate tapi pop up window.

    BalasHapus

Sampaikan sedikit pesan/saran Anda, walaupun hanya sepatah dua patah kata bermakna. Jika ingin bertanya yang lebih jauh dan dianggap secret/rahasia, silahkan hubungi saya via email di link kontak: http://wiyasa.com/kontak

Terimakasih.

Salam YAKIN SUKSES !!!