Sabtu, Agustus 22, 2009

Tips Publikasi Blog-2 :: Mendaftarkan Blog ke Yahoo Search

Sebagaimana posting sebelumnya, sekarang saya akan mencoba menjelaskan tata cara publikasi blog yang kedua, yaitu "Mendaftarkan Alamat Blog ke Yahoo Search".

Saat ini (ketika posting ini diterbitkan, red), Yahoo Search menduduki posisi kedua pada pilihan Search Engine yang sering dipakai. Oleh karena itu, perlu kiranya kita daftarkan blog kita ke Search Engine ini agar blog kita terdeteksi. Apa keuntungannya? Bagi para pelaku bisnis, sebuah keuntungan besar ketika blog/website-nya terdeteksi oleh Search Engine, apalagi jika mampu menempati urutan pertama, karena akan mendongkrak pendapatan mereka dari bisnisnya. Hal ini dapat mengurangi biaya promosi juga.

Baiklah, kita mulai pada tata cara mendaftarkan blog kita ke Search Engine Yahoo:
1. Kita masuk trelebih dahulu ke alamat http://siteexplorer.search.yahoo.com/submit.

2. Setelah halaman "Site Explerer - Submit" muncul, pada kolom "Submit Your Site", klik menu "Submit a Website or Webpage", lalu masukkan alamat blog kita yang akan didaftarkan. Contoh, isikan dengan: http://www.andriwiyasa.blogspot.com, lalu tekan/klik tombol "Submit URL".

3. Jika Anda tidak sedang login di http://yahoo.com, maka Anda akan diminta untuk login terlebih dahulu dengan account/alamat email Anda di Yahoo. Masuklah dengan memasukkan YahooId dan Password Anda di Yahoo.

4. Nah, selesai dech... Bukti blog Anda sudah terdaftar adalah jika ada ucapan selamat dari Yahoo sepeti ini: "Thank you! Your URL has been added to our list of URLs to crawl. Please expect a delay of several weeks before your URL is crawled.", dan seterusnya...

Selamat mencoba...

Salam YAKIN SUKSES...

7 komentar:

  1. Bagus mas blognya, cuma saya gak suka flash yang kelap -kelip, eman mas, theme yang bagus pemandangannya rusak karena flash iklan yang kelap-kelip...:)

    BalasHapus
  2. hmmm info yang lagi kucari-cari nih ..
    terima kasih mas ..
    langsung saya praktekkan dengan semangat nih

    Salam Hangat Selalu dari AbulaMedia.com

    BalasHapus
  3. thanks untuk infonya. bagus, jelas singkat padat dan pasti berguna

    BalasHapus
  4. Sekarang link ke submit Yahoo nya udah ga jalan ya masbro. Anyway thanks for sharing.

    BalasHapus

Sampaikan sedikit pesan/saran Anda, walaupun hanya sepatah dua patah kata bermakna. Jika ingin bertanya yang lebih jauh dan dianggap secret/rahasia, silahkan hubungi saya via email di link kontak: http://wiyasa.com/kontak

Terimakasih.

Salam YAKIN SUKSES !!!