Minggu, Agustus 02, 2009

Melengkapi Blog dengan "Email Subscriber" (Layanan Berlangganan Posting Via Email)

Saya mencoba berbagi dengan Anda tentang salah satu manfaat yang disediakan Feedburner.com untuk blog yg kita miliki. Mungkin sebagian dari Anda sudah menggunakan fasilitas ini di blog Anda, namun saya pikir tidak ada salahnya saya tulis ulang di blog saya ini. Mudah-mudahan orang yang belum mengetahui atau sudah tahu tapi belum menggunakannya, dengan posting ini bisa terbantu.

Baiklah, yang akan saya coba bagi dengan Anda di sini adalah bagaimana cara menambah atau melengkapi blog yg Anda punya dengan Fasilitas "Email Subscriber" atau bahasa lainnya layanan berlangganan posting melalui email. Maksudnya seperti apa? Maksudnya, jika ada orang yang berkunjung ke blog Anda, lalu mereka tertarik dengan posting-posting/artikel-artikel yang Anda tulis di blog Anda, mereka bisa berlangganan posting Anda dengan fasilitas ini. Caranya, mereka mendaftarkan email yang mereka punyai di form "Email Subscriber" di blog Anda. Setelah email mereka terdaftar, maka ketika Anda membuat sebuah posting baru, maka akan ada pemberitahuan melalui email kepada seluruh orang yang mendaftarkan langganan posting Anda.

Itu mungkin sekilah fungsi "Email Subscriber" ini. Sekarang saya akan sharing/berbagi kepada Anda tentang cara mendaftarkan blog Anda agar bisa memiliki fasilitas "Email Subscriber" ini.

=> 1. Langkah Pertama:

Anda berkunjung terlebih dahulu ke situs penyedia, yaitu ini:
http://www.feedburner.com

=> 2. Langkah Kedua:

Daftarkan alamat blog Anda pada kotak yang tersedia. Isikan alamat feed blog yang akan di-burn/dibakar.

=> 3. Langkah Ketiga:

Masukken nama feed blog Anda pada kotak yg tersedia. Catatan: Jika blog Anda berisikan banyak video, maka beri tanda centang pada kotak "I am a podcaster", jika tidak, biarkan saja, tidak perlu dicentang. lalu klik tombol "next"

=> 4. Langkah Keempat:

Silahkan ini form yang ada dengan lengkap, lalu klik "Active Feed"

=> 5. Langkah Kelima:

Jika muncul: "Congrats! your ......", berarti blog Anda sudah bisa dipasang "Email Subsriber". Setelah muncul halaman, lalu tekan: "Skip directly to feed management"

Setelah selesai, akan ada beberapa menu, kali ini pilih menu "Publicize", lalu klik "Email Subscriptions", Kemudian klik tombol "Activate".

Nah, sekarang tinggal ngambil code yang akan dipasang di blog kitanya.
Pilih kode yang ada di kotak:"Subsciption Form Code"

Copy kode HTML yang muncul, yang mana aza..., lalu tekan SAVE.

Bagaimana cara memasangnya? Gampang... Pertama-tama, pikirkan dimana tempat yg cocok untuk ditempati Form "Email Subcriber". Setelah Yakin, lalu login ke Blogger.com (kalo belum login), pilih "layout --> Add a Gadget --> HTMl/Java Script"

Kode yang tadi didapat, silahkan isikan (paste) di kolom HTML/Java Script, lalu save/simpan perubahannya.

Nah, sekarang kita lihat, sudah ada belum? Kalau sudah, berarti Anda telah melakukan langkah-langkah yang benar.

Selamat Mencoba. Semoga Berhasil dan SALAM YAKIN SUKSES...

=======================================================



Sumber Support:
http://ewin-blake.blogspot.com

1 komentar:

Sampaikan sedikit pesan/saran Anda, walaupun hanya sepatah dua patah kata bermakna. Jika ingin bertanya yang lebih jauh dan dianggap secret/rahasia, silahkan hubungi saya via email di link kontak: http://wiyasa.com/kontak

Terimakasih.

Salam YAKIN SUKSES !!!