Jumat, Juli 09, 2010

Tips Mudah Mengatasi Masalah Multiple Login pada suatu PC dengan Multiple Internet Browser

Pernahkah Anda mengalami masalah, ketika Anda akan membuka beberapa account sekaligus (email, facebook, blog, dll) pada suatu penyedia jasa yang sama (misal yahoo.com, gmail.com, atau juga yang lainnya), Anda tidak bisa login sekaligus? Maksudnya, jika hanya menggunakan satu internet browser, misalnya hanya menggunakan Google Chrome saja, maka mau tidak mau Anda harus log out/sign out terlebih dahulu dari Account sebelumnya untuk bisa masuk ke account lainnya yang sama-sama dibuat pada layanan tersebut.

Nah, itulah yang dulu saya alami ketika belum mengetahui informasi ini. Sekarang, saatnya saya berbagi dengan pembaca setia, baik yang datang dari search engine maupun sahabat yang sering berkunjung ke blog ini secara rutin. Semoga saja bermanfaat, khususnya bagi yang belum mengetahuinya.



Sebagaimana kita ketahui, saat ini sudah banyak sekali penyedia internet browser yang bisa diakses oleh para pengguna internet. Beberapa diantaranya bisa didownload secara gratis di internet dengan mudah. Ada juga yang sudah bawaan dari Perusahaan penyedia software, seperti halnya Internet Explorer(IE) yang dibuat sebagai software bawaan dari Microsoft, dan juga perusahaan lainnya. Jika Anda perhatikan Gambar dari posting ini, saya menemukan ada lebih kurang 12 internet/web browser yang bisa kita gunakan untuk kepentingan browser / berselancar di dunia maya (internet). Namun di antara banyaknya layanan Internet Browser tersebut, kita tidak harus terjebak untuk memiliki semuanya. Pilihlah yang kira-kira kita butuhkan dan sering kita gunakan, termasuk untuk kepentingan mengatasi masalah multiple login pada satu Personal Computer(PC), laptop, dan sebagainya. Saya sendiri saat ini menggunakan +- 4 (empat) Internet Browser pada laptop saya guna kepentingan Multiple Login tersebut, diantaranya: Internet Explorer, Mozilla Firefox, Google Chrome, dan Opera.

Nah, adakah di antara Anda yang belum mengetahui tentang hal ini? Baiklah, saya coba berbagi dengan Anda,  semoga Anda merasa terbantu jika memang membuthkan. Dengan adanya beberapa Internet Browser yang kita pasang / install pada PC kita, kita bisa sekaligus login pada beberapa layanan internet, seperti Jejaring Sosial Facebook, membuka email, setting blogger, dengan beberapa account yang berbeda. Bagaimana cara singkat menjalankannya? Simaklah uraian berikut:
  1. Langkah pertama, install dulu internet browser yang dikehendaki, minimal 2 (misal: Mozilla Firefox dan Internet Explorer). Lebih banyak akan lebih baik jika sesuai kebutuhan. Saya sendiri memasang 4 untuk kepentingan Online saya. Untuk softwarenya, bisa Anda cari di Google atau Search Engine lainnya.
  2. Buka sekaligus beberapa internet browser tersebut. Misal Anda buka Mozilla, Internet Explorer, dan Google Chrome. Sebagai contoh, Anda akan membuka 3 email di yahoo sekaligus dengan beberapa alamat yang berbeda.
  3. Masukkan alamat web yang akan kita masuki / login, misal: www.yahoo.com ,  pada setiap Internet Browser yang kita buka. Sebut saja misalnya, di Mozilla, Anda buka alamat yahoo: xxx@yahoo.com, sebagai email pribadi Anda, sedangkan di Internet Explorer, Anda buka alamat yahoo: yyy@yahoo.com,sebagai email khusus bisnis Anda, dan pada Google Chrome, Anda buka alamat yahoo: zzz@yahoo.com, sebagai email untuk pendaftaran jejaring sosial Anda (facebook, twitter, friendster, dll). Sekalian berbagi tips, sebaiknya kita pisahkan email kita antara email bisnis, jejaring sosial, dan yang lainnya, agar kita tidak mengalami kebanjuran email masuk dan kita susah mengecek mana email bisnis, pribadi, dan yang lainnya. Kecuali Anda sudah memahami lebih dalam tentang pengelolaan email, baik filter, spam, dll.
Selain untuk membuka email, baik di Gmail maupun Yahoo, langkah ini pun bisa digunakan untuk login di jejaring sosial. Misalnya saja di rumah Anda, atau di kost-an Anda (mahasiswa biasanya), hanya ada satu PC yang terkoneksi ke Internet. Anda sedang asyik nich chatting dengan teman melalui Facebook Anda. Eh... datang sang pengganggu, teman Anda yang juga mau pinjam Komputer / PC Anda untuk update statusnya. Nah, dengan tips di atas, Anda tidak perlu sign out / keluar dari Account Facebook Anda. Anda buka saja Internter browser lainnya untuk teman Anda tadi, sehingga dia bisa login dengan ID / Account lain tanpa mengganggu aktivitas Anda.

Yang lucu lagi, jika seandainya Anda sedang tidak punya teman chatting, Anda chatting sendiri saja menggunakan Manfaat Multiple Login ini. Anda buka dua Internet browser, lalu Anda login dengan 2 ID facebook Anda yang berbeda, lalu chatting sendiri dech... Hehe... Paling juga jika ada yang tahu, Anda dianggap calon penghuni RSJ (Rumah Sakit Jiwa) baru... Wakakak... Maaf, becanda...

Bagaimana tips dari saya kali ini? Semoga bermanfaat bagi yang belum tahu. Saya juga YAKIN, ada tips lain yang bisa dilakukan untuk multiple login, tanpa harus menggunakan beberapa internet browser. Nah, bagi Anda yang sudah tahu, silahkan lengkapi posting ini pada bagian komentar. Atau Anda punya pengalaman lain, silahkan kita berbagi di sini. Mungkin sekian saja dulu dari saya. Sekali lagi, Semoga bermanfaat, dan...

Salam YAKIN SUKSES !!! 
NB: Jika sahabat semua menyukai posting saya ini, atau ingin berbagi dengan sahabat yang lain di Facebook, sahabat bisa berbagi/share ke teman di FACEBOOK. Cukup dengan meng-KLIK link ini!

Terimakasih.






Masih belum puas dengan artikel / isi posting ini? Cari posting lain di Search Engine di bawah ini. Tinggal ketik, lalu Tekan ENTER !!!

3 komentar:

  1. (maaf) izin mengamankan PERTAMA dulu. Boleh kan?!
    Saya memakai tiga browser. Lumayan membantu emang triknya

    BalasHapus
  2. @ alamendah: betul sekali Mas... Khususnya bagi yang memang terbatas PC yg connect ke Internet, tp masing2 ingin Login ke account masing2...

    Betul tidak? Hehe...

    BalasHapus
  3. salam kenal. wah, nice information! :)
    yonaajeng.blogspot.com

    BalasHapus

Sampaikan sedikit pesan/saran Anda, walaupun hanya sepatah dua patah kata bermakna. Jika ingin bertanya yang lebih jauh dan dianggap secret/rahasia, silahkan hubungi saya via email di link kontak: http://wiyasa.com/kontak

Terimakasih.

Salam YAKIN SUKSES !!!