Senin, Juli 05, 2010

Cara Membuat Email di Yahoo Mail - Ymail, Plus Cara Membuat dan Menggunakan Yaho Messenger (YM)


Email Gratis dari Yahoo bisa dikatakan sebagai generasi pertama penyedia email gratis (sejauh yang saya ketahui). Kepopuleran email yahoo lebih tinggi dibanding email gratis dari layanan lainnya seperti Email dari Google/gmail, yang merupakan saingan terbesar yahoo dalam hal Search Engine.

Namun demikian, antara satu sama lain, baik Yahoo Mail/ymail, google mail/gmail, juga yang lainnya, masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Misal saja dalam hal ini, perbandingan antara Yahoo Mail dan Google Mail. Salah satu keunggulan Yahoo adalah, ID Yahoo bisa langsung digunakan untuk Yahoo Messenger, dimana ini merupakan salah satu sarana komunikasi online yang paling lengkap, yang memiliki fasilitas chating, call/panggilan, berbagi gambar, webcam, dan sebagainya, yang juga bisa digunakan untuk transaksi pulsa online otomatis. Sedangkan untuk Google Mail, saat posting ini dibuat, belum memiliki media khusus seperti Yahoo Messenger. Namun demikian, google mail memiliki kelebihan lain yaitu biisa digunakan untuk login sekaligus ke layanan yang disediakan google seperti Blog Gratis dari Google (blogspot.com), Google Adsense, Google Analytic, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Nah, karena judul posting ini adalah tentang cara email di yahoo, maka saatnya sekarang saya membuat tutorial singkat tentang hal tersebut. Sedangkan bagi Anda yang membutuhkan tutorial tentang cara membuat email di gmail/google mail, bisa dibaca pada posting saya sebelumnya di sini:


Berikut ini cara singkat membuat email di Yahoo / Yahoo Mail. Semoga bermanfaat bagi yang belum tahu. Bagi yang sudah tahu, bisa menambahkan tips lain berhubungan dengan posting ini pada kolom komentar demi penyempurnaan dan melengkapi posting ini.



  1. Langkah pertama adalah Anda masuk ke website yahoo itu sendiri. Silahkan masuk ke alamat ini: http://www.id.yahoo.com/.

    Perhatikan halaman yang muncul (lihat gambar di atas). Halaman yang muncul akan berubah-ubah, sesuai informasi yang sedang update. Hanya ada kesaman pada halaman bagian atasnya. Anda perhatikan gambar dengan lingkaran merah pada tulisan: Pengguna Baru? Daftar. Untuk mendaftar, Anda klik link tersebut sampai muncul halaman registrasi seperti gambar berikut ini:
  2. Di sini Anda diminta mengisi data pribadi Anda. Silahkan isi semua kolom yang diminta. Ada 4 hal penting dalam pemilihan ID email Anda di halaman formulir pendaftaran ini. Anda perhatikan gambar di atas. Saya memberi 4 lingkaran merah dengan diberi nomor pada masing-masing. Nomor 1 adalah kolom untuk menentukan apa alamat email yang akan Anda daftarkan? Contoh di atas adalah. rahasiaide. Anda bebas memilih apa saja selama alamat tersebut belum didaftarkan oleh orang lain. Sedangkan untuk Nomor 2, ini adalah pilihan dari yahoo untuk embel-embel atau pelengkap alamat email Anda. Anda bisa memilih yahoo.com, yahoo.co.id, ymail.com, dan rocketmail.com. Jika sudah ditentukan, cek terlebih dahulu dengan mengklik Link Nomor 3, yaitu: Periksa. Jika belum ada yang memiliki, akan muncul pesan availabe atau bisa didaftarkan. Namun, jika sudah ada yang memiliki, maka akan muncul keterangan seperti pada lingkaran Nomor 4. Saya sarankan sich Anda memilih yahoo.com, karena ini akan lebih mudah ketika Anda login ke yahoo, juga ketika mengakses Yahoo Messenger, sehingga Anda cukup menulis alamat depannya saja ketika login, misalnya: rahasiaide, tidak perlu mengetik: rahasiaide@yahoo.com. Jika menggunakan kepanjangan yang lain, misal: mailto:...@yahoo.co.id atau misal yyy@rocketmail.com, maka Anda harus menuliskan secara lengkap alamat email Anda tersebut. Namun terserah Anda juga. Dan tips lainnya, ID Yahoo.com lebih mudah dan memperlancar ketika digunakan sebagai alat pembayaran online seperti paypal (klik di sini untuk mengetahui cara membuat rekening paypal).
  3. Setelah semua bagian diisi dengan lengkap, termasuk mengisi kode verifikasi yang ada, maka untuk membuat account email Anda tersebut Anda klik bagian bawah yang ada tulisan: Buat Account Saya. Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda perhatikan gambar di bawah ini.
  4. Nah, jika selesai, maka Anda akan menerima ucapan selamat dari Yahoo yang juga berisi informasi tentang data pendaftaran Anda. Untuk lebih jelasnya bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini. Jika data sudah benar, Anda klik link Lanjutkan (Lingkaran Merah Nomor 3)
  5. Nah, setelah di-klik Lanjutkan, maka ada 2 kemungkinan, bisa jadi Anda masuk langsung ke account email Anda, bisa juga Anda masuk ke halaman Yahoo secara umum. Berikut gambar jika masuk ke alamat Yahoo secara umum, maka Anda harus klik pada link Mail (lihat lingkaran merah).
  6. Sekarang, Anda sudah ada di halaman email Anda. Di sini Anda bisa mengecek email masuk, email keluar, mengirim email. Dan juga sekaligus bisa menyimpan data Anda dalam bentuk draft di email Anda. Jadi, yahoo pun bisa digunakan sebagai media menyimpan data. Hanya saja, kalau Anda menyimpan data di yahoo, tidak bisa di-share/berbagi ke teman yang lain jika tidak dikirim melalui email. Sedangkan kalau di ziddu, Anda bisa mengirimkan link file yang Anda simpan di ziddu kepada teman Anda bahkan dibayar jika ada yang download (klik di sini infonya).
  7. Saya kira cukup dulu tutorial ini. Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan. Jika ada yang belum jelas, bisa kita diskusikan pada komentar posting ini. Untuk tata cara mengirim email dan yang lainnya, hampir sama dengan cara mengirim email dari gmail. (Baca tutorialnya di sini).
Sekali lagi, bagi Anda yang memiliki tips khusus berkaitan dengan posting ini, saya sangat berterimakasih jika Anda mau menambahkannya/berbagi pada kolom komentar. Insya Allah, amal sholeh Anda akan dibalas oleh-Nya dengan balasan yang lebih besar. Aamiin. 

Give And take !!!
 

Salam YAKIN SUKSES !!!

Posting berhubungan:


NB: Jika sahabat semua menyukai posting saya ini, atau ingin berbagi dengan sahabat yang lain di Facebook, sahabat bisa berbagi/share ke teman di FACEBOOK. Cukup dengan meng-KLIK link ini! Terimakasih. Masih belum puas dengan artikel / isi posting ini? Cari posting lain di Search Engine di bawah ini. Tinggal ketik, lalu Tekan ENTER !!!

2 komentar:

  1. wah lengkap sekali mas, salut saya dengan anda. ide postingan yang super ajib. thnks share cara buat mail di yahoonya.
    :D

    BalasHapus
  2. Thx, Pak... Mari kita bsami bersama !!!

    BalasHapus

Sampaikan sedikit pesan/saran Anda, walaupun hanya sepatah dua patah kata bermakna. Jika ingin bertanya yang lebih jauh dan dianggap secret/rahasia, silahkan hubungi saya via email di link kontak: http://wiyasa.com/kontak

Terimakasih.

Salam YAKIN SUKSES !!!