Sabtu, Februari 27, 2010

Cara Memasang, Menggunakan Gadget Freedjit dan Memanfaatkannya sebagai Media Analisis Blog Anda


Apakah Anda pernah melihat tampilan seperti pada gambar di samping ini? Ya, bagi para pengguna internet yang sering berkunjung ke blog-blog, atau para pengelola blog/para blogger, tampilan seperti itu sudah tidak aneh lagi. Ya, salah satu fasilitas yang disediakan oleh Feedjet untuk melengkapi dan mempercantik tampilan blog kita.

Nah, berdasarkan pengalaman pribadi saya, dengan menambahkan fasilitas ini, selain kita bisa menggunakannya sebagai media pelengkap dan pemanis blog, juga bisa dipakai sebagai media kita menganalisis/melihat aktivitas blog kita, seperti dari mana saja asal pengunjung blog kita, juga bisa meningkatkan traffic blog kita juga. Dari layanan Freedjit ini, kita diberikan dua pilihan, ada yang berbayar, ada juga yang gratis. Untuk pembahasan posting kali ini, saya akan membahas terlebih dahulu manfaat layanan gratisnya.

Layanan Feedjit yang akan saya bahas di sini adalah cara memasang gadget feedjit di blogspot dan memanfaatkannya untuk melihat aktivitas blog kita, termasuk tentang traffic/pengunjung blog kita. Layanan ini hampir mirip dengan layanan gratis dari Google, seperti yang pernah saya bahas pada posting sebelumnya tentang manfaat Google Analityc. Namun kelebihan layanan ini, pembaca pun bisa melihat siapa saja yang berkunjung ke blog tersebut, seperti layanan yang disediakan oleh widgeo.net ataupun s04.flagcounter.com, sebagaimana bisa Anda lihat di blog saya.

Baiklah, agar tidak terlalu panjang lebar, saya langsung saja menjelaskan bagaimana cara memasang Live Traffic Feed dari Feedjit ini. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Anda login terlebih dahulu ke account blog Anda. Jika Blogger/blogspot, masuk melalui http://blogger.com.
  2. Anda masuk ke website feedjit melalui alamat ini (bisa klik langsung): http://feedjit.com/join/ 
  3. Klik Menu Widgets, lalu pilih Live Traffic Feed (ada pada sisi paling kanan. Anda pun bisa memilih yang lain jika mau), lalu Klik: Click to Add to Blogger
  4. Jika login Anda sukses (langkah 1), otomatis Anda akan dibawa ke halaman blogger. Pilih Blog yang akan Anda pasang Widget Live Traffic Feed ini. Jika hanya satu, langsung saja pilih yang ada. Jangan lupa beri judul terserah Anda. Kalau tidak, Anda akan diberikan judul default/bawaan. Anda pun bisa mengatur konten dan templatenya. Jika kurang paham hal tersebut, Anda gak usah utak atik, langsung saja klik: MENAMBAH WIDGET
  5. Jika langkah-langkah tersebut diikuti dengan benar, Anda akan dibawa ke Halaman Tata Letak Blog Anda. Di sana akan ada keterangan bahwa widget tersebut telah terpasang. Anda tinggal atur, dimana akan Anda pasang widget tersebut. Pada umumnya, widget Live Traffic Feed ini terpasang di sebelah kanan bagian blog. Tapi ini bukan hal yang mutlak, Anda mempunyai kekuasaan mutlak atas blog Anda.
Sekian tutorial ini, semoga bermanfaat. Barangkali ada tambahan, saran, Anda mendapat manfaat dari posting ini, atau yang lainnya, silahkan tinggalkan melalui comment / komentar pada blog ini.

Oia, ada yang tertinggal, sedikit lagi tentang analisis blognya.

Setelah gedgat-nya terpasang, maka kita bisa melihat siapa saja dan dari mana saja orang yang datang ke blog kita, apakah dari blogwalking (kunjungan sesama blogger), dari search engine, atau dari sumber lainnya. Kalau dari Google Analityc, kita harus ligin dulu ke account google kita untuk mengetahui hasil analisis blog kita, sedangkan di feedjit, kita hanya tinggal klik: Watch in Real-Time yang ada di blog kita. Di sana, kita bisa melihat dari mana saja orang yang datang ke blog kita, menggunakan OS (Operating System) apa, dan informasi yang lainnya.

Jika Anda tidak ingin berabe, harus masuk dulu ke website feedjit, dan ingin data penguunjung ke blog Anda langsung terpasang secara update pada blog Anda, Anda bisa memanfaatkan layanan feedjit pro nya, dimana Anda membayar sekian dollar per bulannya. Dan akhirnya, pilihan ada di tangan Anda.

Sekian saja. Semoga tambahan yang terlewat tersebut bisa bermanfaat bagi Anda semua.

Salam YAKIN SUKSES !!!

NB:
Jika sahabat semua menyukai posting saya ini, atau Anda anggap penting untuk diketahui sahabat yang lain, sahabat bisa berbagi/share ke teman di FACEBOOK. Cukup dengan meng-KLIK link ini!
Terimakasih.




16 komentar:

  1. Semoga Postingnya membantu bagi yang membutuhkan.

    Sukses selalu !!!

    BalasHapus
  2. Salam super-
    Salam hangat dari pulau Bali-
    wah,, ilmu baru neeh...
    semangat ya...

    BalasHapus
  3. Saya...belum pasang widget itu...mungkin nanti saja karena sudah terlalu banyak widget

    BalasHapus
  4. Mantap bos kunjungi juga blokku ya..and jangan lupa follow juga ye..thanks ^_^

    BalasHapus
  5. mantab bos postingannya sangat membantu teman-teman blogger. O iya blogku di http://mrwindu.com

    BalasHapus
  6. Salam kenal Mas...
    Wah freedjit saya pasang juga Mas, tapi saya pake wordpress...
    postingan yang membantu Mas...
    BTW, banyak nih pluginnya... mau ah coba juga...

    BalasHapus
  7. Feedjit penting juga mas seperti yang sudah disampaikan di atas..antara lain untuk menganalisis traffic...
    Salam kenal dan sukses selalu.

    BalasHapus
  8. Saya juga dah pasang Feedjit,tapi belum memakainya untuk menganalisis traffic seperti yang disampaikan ini.

    BalasHapus
  9. banyak dibutuhkan orang yang emang lagi butuh.

    sukses selalu.

    BalasHapus
  10. siip.. thanks mas infonya..

    BalasHapus
  11. makasih...atas tulisan2nya...buat inspirasi bagi clausa

    BalasHapus
  12. @Hendrik: Sama2, Mas... Semoga bermanfaat !!!

    BalasHapus

Sampaikan sedikit pesan/saran Anda, walaupun hanya sepatah dua patah kata bermakna. Jika ingin bertanya yang lebih jauh dan dianggap secret/rahasia, silahkan hubungi saya via email di link kontak: http://wiyasa.com/kontak

Terimakasih.

Salam YAKIN SUKSES !!!